Saturday, October 6, 2007

Menyapa teman vitual

kebanyakan dari kita yang ngeblog, menggunakan forum dan relasi sosial untuk berdiskusi, bertukar pandangan, melakukan interaksi dengan orang dari segala penjuru dunia. dengan beberapa kita berinteraksi lebih dari yang lainnya. tentu saja, diskusi secara online kadang-kadang menghasilkan beberapa pertukaran email. kita mulai merasakan ada sesuatu hubungan yang lebih tinggi. persamaan pandangan, persamaan kepribadian atau situasi kehidupan yang sangat bersahabat, kadang persahabatan ini juga berkembang karena kita mempelajari sesuatu yang baru dari yang lain. belajar sesuatu dari orang lain adalah aspek terbesar dari ngeblog dan "saya" merasa orang-orang ngeblog karena mereka suka bertemu orang-orang yang berfikir.

jadi "saya" mengira-ngira beberapa hal tentang gejala-gejala ini :

1. apakah persahabatan virtual berbeda dengan persahabatan di dunia nyata bagi anda ? jika ya, jelaskan ?

Oke saya fikir kata-kata dunia nyata tidak sepenuhnya akurat disini karena persahabatan virtual juga merupakan persahabatan di dunia nyata kecuali kita tidak bertemu dengan semua teman virtual kita dalam bentuk fisik, makan bersama, dan berlibur bersama. dLL.

2. apakah mungkin mengembangkan ikatan dengan orang-orang secara online karena kadang lebih mudah bertukar pikiran dalam bentuk tulisan?

"saya" berpikir disinilah beberapa isu yang bertentangan yang menjadikan kita ragu untuk mengekspresikan diri dalam sudut pandang dan pendapat yang jujur jika dikatakan begitu apakah karena faktor ketakutan dinilai buruk atau bahkan dipukuli.

3. dan dari semuanya, saya mengira, apakaah kita akan merasakan perasaan yang sama dengan sahabat online kita setelah kita pernah bertemu mereka di dalam bentuk fisik?

atau akankan persepsi yang kita kembangkan ketika membaca kata-kata mereka di dalam layar monitor berubah setelah bertemu? maukan anda sedikit memastikan apakah yang anda lihat sepenuhnya adalah orang yang berbeda dari gambaran yang tercipta tentang mereka sebelumnya.

diterjemahkan dari the thingking blog oleh pandi merdeka

No comments:

Post a Comment